Blinking Cute Box Cat --> Blinking Cute Box Cat

Kamis, 01 September 2016

pendidikan agama katolik

Pendidikan Agama Katolik
Materi: Allah berkehendak menyertai semua orang

Image result for yesus gif transparent

Allah tidak membeda-bedakan seluruh umatNya, Allah menyertai semua orang. Tentunya tanpa kita sadari, Allah selalu menyertai kita dalam sedih maupun senang, ketika kita sedang sakit maupun sedang sehat Allah selalu menyertai kita.

Taukah kamu tentang pengalama suster Bernarda? 

Kita telah melihat bersama pengalaman kasih yang telah dialami oleh seorang wanita yang ditolong oleh Suster  Bernarda. Tindakan Suster Bernarda telah membawa keselamatan bagi wanita yang ditolongnya. Dari tindakan Suster Bernarda tersebut kita dapat melihat karya Allah yang menyelamatkan.

Allah menyapa dan menunjukkan kasih-Nya kepada kita dalam hidup kita sehari-hari. Orang-orang lain menjadi sarana bagi kita dalam merasakan kebaikan Allah yang menyelamatkan.

Contoh-contoh konkret tanda kasih Allah melalui orang lain tampak dalam :
  1. Tindakan suster Bernarda yang sedia menolong wanita yang terlantar seperti cerita.
  2. Tindakan para suster pengikut Ibu Teresa yang melayani orang-orang yang kelaparan, sakit dan dalam situasi menjelang ajal.
  3. Tindakan para dokter dan perawat (paramedis) yang berusaha mengobati dan menyembuhkan orang-orang sakit.
  4. Tindakan para pekerja sosial yang membantu orang-orang yang mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.
  5. Tindakan orang tua yang mendidik, membimbing, dan merawat kita sejak kecil.
  6. Pertolongan orang yang tidak kita kenal ketika kita mengalami kecelakaan di tengah jalan.   
Selain melalui orang-orang yang memperhatikan kita tanpa memandang latar belakang, suku, dan agama (seperti yang dilakukan Suster Bernarda kepada wanita yang ditolongnya), Tuhan juga menunjukkan tanda kasih-Nya melalui alam raya. Alam semesta yang maha luas dan indah ini memperlihatkan keagungan dan kasih Tuhan pada kita.

Matius 5:43-48

5:43 Kamu telah mendengar firman: Kasihilah sesamamu manusia dan bencilah musuhmu. 5:44 Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu. 5:45 Karena dengan demikianlah kamu menjadi anak-anak   Bapamu yang di sorga, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar.   5:46 Apabila kamu mengasihi orang yang mengasihi kamu, apakah upahmu?   Bukankah pemungut cukai juga berbuat demikian? 5:47 Dan apabila kamu hanya memberi salam kepada saudara-saudaramu saja, apakah lebihnya dari pada perbuatan orang lain? Bukankah orang yang tidak mengenal Allahpun berbuat demikian? 5:48 Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna. "

Image result for arrow gif transparent
Perikope Kitab Suci di atas  menyatakan tentang kasih Allah kepada semua orang. Allah “menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar” (ayat 45). Kasih Allah tidak membeda-bedakan . keselamatan diperuntukkan bagi semua orang.

Yesus Merupakan Tanda Kasih Allah

Yesus merupakan puncak kasih Allah bagi manusia.
Image result for yesus gif transparent

Kehadiran Yesus Kristus menjadi tanda kehadiran Allah sendiri dalam usaha-Nya menyelamatkan manusia. Barangsiapa mengenal Yesus, ia mengenal Allah sendiri. Dalam diri Yesus “seluruh kepenuhan Allah berkenan diam dan tinggal dalam Dia” (Kol 1 : 19). Dalam diri Yesus, Allah telah menjadi manusia. Allah berbicara kepada manusia menurut cara manusia. Kehadiran Allah menjadi penggenapan dari rencana keselamatan Allah bagi manusia.

Image result for bersyukur kepada yesusImage result for murah hati

Seperti halnya Yesus menjadi tanda kasih Allah yang menyelamatkan, maka kitapun dapat menjadi sarana bagi keselamatan orang lain. Kesediaan kita untuk menolong orang lain tanpa pandang bulu dan mengasihi orang lain tanpa kecuali dapat menjadi tanda syukur kita akan keselamatan yang dianugerahkan Allah kepada kita.

Semoga informasi dalam blog ini bermanfaat


 bagi kalian semua, God Bless You!









Tidak ada komentar:

Posting Komentar